Sabtu, 28 Desember 2013

[Tahap awal] Menginstal Arduino IDE

Hal yang pertama kali kita lakukan setelah membeli arduino adalah mencoba arduino itu sendiri, kecuali anda adalah makelar yang menjual arduino itu kembali dengan harga lebih tinggi (hehe..). Untuk menginstal software arduino, kita dapat menyedot alias mengunduh atau bahasa lebih kerennya lagi mendownload Arduino IDE dari web arduino langsung di arduino.cc. Tenang aja aplikasinya gratis kok karna sifatnya open source :p.

Untuk mendownloadnya harus diperhatikan terlebih dahulu sistem operasi komputer.laptop yang kita pakai. Dari arduino sendiri disediakan untuk pengguna windows, MAC OS, dan juga untuk linux. Klo sudah didownload sesuai dengan OS masing2, ya tinggal instal exe-nya seperti menginstal aplikasi2 biasanya.
klo sudah tinggal jalankan programnya dan tampilannya akan seperti ini:


Untuk mencoba hal yang paling mudah kita dapat mencoba menghidupkan led dulu. disini saya menggunakan arduino UNO.

Pertama sekali ketikkan program berikut:

void setup()
{
pinMode(8, OUTPUT); // pin 8 sbg output
}

void loop()
{
digitalWrite(8, HIGH); // LED on
delay(1000);
digitalWrite(8, LOW); // LED off
delay(1000);
}

Selanjutnya settingan berikut harus dilakukan:
*klik Tools --> Board --> (pilih arduino yang digunakan). karna disini saya menggunakan arduino uno, maka saya memilih Arduino Uno.



*klik Tools --> Board --> pilih serial port arduino yang digunakan. karena mungkin di dalam 1 komputer bisa dihubungkan dengan beberapa arduino tentunya jika kita mengupload program ditentukan alamat yang dituju. untuk melihat alamat arduino yang digunakan, silakan buka device manager:


Karena Arduino saya ada di COM9 maka tinggal pilih COM9..


Untuk selanjutnya tinggal meng-verify program untk melihat ada tidaknya bugs/error. klo ada bugs berarti program yang anda copy salah.. :p. klo tidak ada lg error tinggal klik upload program ke Arduino. 


Hubungkan sebuah led antara PIN 8 dan Ground (sebelumnya led dikasih resistor 1K biar gak putus).


Nah.... klo berhasil maka lampu led anda akan berkelap kelip... :D
Selamat beraksi dengan program2 lainnya.... 

+SALAM+

Tidak ada komentar:

Posting Komentar